PIDATO TANPA TEKS TETAP PERLU RANCANGAN NASKAH


Di Hari Minggu pagi yang cerah ini, saya sempatkan menulis tentang pidato.

Para pimpinan organisasi yang sangat pandai menyampaikan pidato tanpa naskah, mereka bukanlah orang-orang yang 100% menyampaikan gagasan dan petuahnya tanpa persiapan.Meski tampil tanpa teks, mereka menyiapkan rancangan poin-poin apa saja yang harus disampaikan.

Beberapa kali saya diminta menyiapkan naskah sambutan pimpinan ormas. Setelah naskah disampaikan, ia melipat naskah tersebut dan dimasukkan ke dalam saku jasnya.

Saat tampil di mimbar, ia menyampaikan pidatonya dengan sangat baik, sesuai alur yang ada dalam naskah yang saya susun (tepatnya, kami susun bersama, karena untuk menyusunnya butuh diskusi cukup lama).  Beberapa improvisasi muncul spontan dan sangat bagus untuk membuat audience lebih tertarik pada pesan yang ia sampaikan.

Jadi, meskipun anda sudah terbiasa tampil sebagai orator yang mempesona, anda pasti sudah terbiasa mempersiapkan teksnya meskipun hanya dalam bentuk coretan tangan yang singkat. Sebagai seorang pimpinan, meskipun anda bicara di luar kepala, tapi naskah tertulis tetap dibutuhkan, yaitu untuk wartawan yang ma menulis, untuk dokumen organisasi, serta untuk peserta.

Semoga bermanfaat

Salam sukses

https://ahlinaskahpidato.wordpress.com

 

Pos ini dipublikasikan di KUMPULAN NASKAH dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s